• HOME
  • Berita
  • UAMBN-BK MAN 2 LANGKAT BERAKHIR SUKSES

UAMBN-BK MAN 2 LANGKAT BERAKHIR SUKSES

  • 16 Maret 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 minggu 15 jam 12 menit yang lalu

  • View: 111

Ketua Panitia Lokal Pelaksanaan UAMBN-BK 2020 MAN 2 Langkat, As’ad Husein menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya ujian tersebut dengan lancar hingga hari terakhir pelaksanaan. Hal tersebut beliau sampaikan pasca berakhirnya pelaksanaan UAMBN BK sesi ke 3, Rabu (11/3) disela-sela ucapan terima kasih yang beliau sampaikan kepada seluruh panitia dan pengawas.

Dalam keterangan kepada humas, As’ad mengatakan bahwa UAMBN-BK merupakan salah satu instrumen evaluasi yang bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional. Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional juga berfungsi dalam pemetaan dan umpan balik untuk perbaikan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di madrasah. Selain itu pelaksanaan UAMBN-BK ini kita jadikan sebagai bahan pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan madrasah kepada stakeholder pendidikan di Kementerian Agama.

"Walaupun hasil dari UAMBN-BK tidak menjadi faktor penentu kelulusan siswa, namun bukan berarti kita harus melakukannya setengah hati. Kita juga tidak sampaikan hal ini kepada siswa. Sebagai lembaga pendidikan, kita selalu memotivasi siswa untuk melakukan hal yang terbaik dan mendapatkan nilai yang terbaik," jelasnya.

Terkait dengan pelaksanan UAMBN-BK di MAN 2 Langkat  As’ad mengatakan bahwa secara teknis tidak ada kendala yang berarti.

“Alhamdulillah selama pelaksanaan ujian tidak ada terjadi gangguan arus listrik. Hal yang paling kita khawatirkan dan menjadi faktor kendala utama adalah masalah listrik. Sementara untuk pengadaan komputer sendiri kita tidak mengalami kendala. Segala prosedur dan tata tertib serta peraturan terkait dengan pelaksanan UAMBN-BK telah kita laksanakan sesuai POS nya. Selama pelaksanaan UAMBN-BK sendiri, Tim pemantau dari Kanwil Kemenag Sumut telah hadir untuk melakukan monitoring, dan Alhamdulillah kita dianggap telah menjalankan prosedur pelaksanaan UAMBN-BK dengan baik. Berakhirnya UAMBN-BK pada hari ini kelegaan tersendiri bagi kita, panitia lokal. Suksesnya kegiatan inimenjadi suatu berkah yang harus kita syukuri. Tentu saja kesuksesan pelaksanan UAMBN-BK di MAN 2 Langkat merupakan kontribusi bersama antara kepala madrasah, panitia, pengawas, teknisi, proktor, orang tua, para guru, dan tentu saja semangat dan keseriusan siswa untuk belajar dan menghasilkan nilai terbaiknya. Mudah-mudahan kesuksesan kita dalam menjalankan UAMBN-BK ini dapat kita ulangi lagi pada pelaksanaan UNBK pada akhir Maret nanti,” katanya.

Disampaikan juga bahwa pada pelaksanaan UAMBN-BK 2020 di MAN 2 Langkat, seluruh siswa dengan jumlah 263 mengikuti ujian sesuai dengan jadwal yang ditentukan. "Kita tidak mengadakan ujian susulan, karena semua siswa ikut ujian sesuai jadwal", jelasnya menambahkan.