• HOME
  • Berita
  • MAN 2 LANGKAT TUAN RUMAH SOSIALISASI PANAHAN

MAN 2 LANGKAT TUAN RUMAH SOSIALISASI PANAHAN

  • 14 Februari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 1 bulan 2 minggu 1 hari 18 jam 37 menit yang lalu

  • View: 364

MAN 2 Langkat dipercaya sebagai tempat sosialisasi panahan yang dilaksanakan oleh Perpani (Persatuan Panahan Nasional Indonesia) cabang Langkat, Senin (10/02). Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari beberapa sekolah dan madrasah di sekitar Tanjung Pura dan Stabat. Acara sosialisasi dipandu langsung oleh pelatih-pelatih Perpani Pusat, Amru.

Secara khusus, Kepala MAN Langkat, Edi Sahputra menyampaikan rasa bangga serta apresiasi kepada Perpani Langkat yang telah mempercayakan MAN 2 Langkat sebagai tuan rumah kegiatan.

"Kita memang sedang mengembangkan olahraga panahan sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler siswa. Kita juga berharap nantinya akan ada prestasi yang dapat diukir oleh siswa kita dibidang ini. Kesempatan seperti kali ini mungkin merupakan kesempatan langka karena sosialisasi dan pengarahan langsung diberikan oleh pelatih sekaligus juri tingkat Nasional. Kita juga berharap nantinya pengurus Perpani Langkat dapat terus konsisten dalam melakukan pembinaan kelompok panahan yang ada di Langkat, khususnya Mandala Archery MAN 2 Langkat,” katanya.

Sementara itu dalam uraiannya tentang olahraga panahan, Amru mengatakan bahwa olahraga panahan termasuk olahraga eksklusif. Ia mengatakan bahwa olahraga panahan merupakan olahraga ketrampilan yang dianjurkan oleh Rasulullah.

"Olahraga panahan dewasa ini termasuk olehraga yang eksklusif serta mahal. Selain itu olahraga ini juga sangat bersifat pribadi sekali, artinya dalam memainkan olahraga panahan harus ada kecocokan antara dirinya dengan  perangkat olah raganya, yaitu busur. Butuh waktu dan kesabaran bagi seorang pemanah untuk menyesuaikan diri dengan alat panahnya. Dalam olahraga panahan seoarng atlit panah harus menggunakan panahnya sendiri. Dia tidak bisa menggunakan panahan orang lain karena dimungkinkan akan ada perbedaan penyesuaian,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Amru juga meluangkan waktunya untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para peserta sosialisasi. Kegiatan sosialisasi selanjutnya ditutup dengan kegiatan praktik panahan di halaman MAN 2 Langkat. Dalam kesempatan tersebut Edi Sahputra melakukan uji coba panahan.

"Dalam berlatih panahan hal yang dibutuhkan dari seorang atlit adalah konsistensi. Tepat sasaran belum merupakan sebuah hasil latihan. Bisa jadi hanya kebetulan. Tetapi jika  ada konsistensi dalam membidik sasaran maka itu merupakan hasil dari ketekunan latihan", kata Amru memberikan penjelasan serta arahan disela-sela acara latihan panahan tersebut.

Pembina panahan Mandala Archery, Ahmad Azhari mengakui bahwa selama ini anggota panahan MAN 2 Langkat belum berlatih secara benar.

“Selama ini kita berlatih mandiri dan dengan menggunakan alat seadanya. Kita berharap agar nantinya kita akan memiliki alat yang berstandar serta adanya pelatih khusus yang dapat membina dan melatih siswa kita untuk berprestasi dibidang panahan,” harapnya.