• HOME
  • Berita
  • PRAMUKA MAN 2 LANGKAT LAKSANAKAN KEMAH PELANTIKAN

PRAMUKA MAN 2 LANGKAT LAKSANAKAN KEMAH PELANTIKAN

  • 01 Februari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 3 minggu 4 hari 21 jam 38 menit yang lalu

  • View: 274

Gugus Depan Pramuka L-475 dan L-476 MAN 2 Langkat melaksanakan kegiatan pelantikan penegak bantara yang dilaksanakan di salah satu lokasi perkemahan di kecamatan Sei. Bingai, Kabupaten Langkat. Demilian disampaikan oleh Pembina Sangga Putra, Muhammad Zuhral, S.PdI kepada Inmas, Sabtu (25/01/20).

Dalam keterangaannya Zuhral juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selam 3 hari sejak Jum’at (24/1) hingga Minggu (26/1). “Kegiatan perkemahan ini merupakan bagian dari prosesi pelantikan seorang pramuka yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum  (SKU) Pramuka Penegak menjadi Pramuka Bantara sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. Pada tahun ini Perkemahan Pelantikan Bantara diikuti oleh 20 calon Penegak Bantara Putra dan Putri", jelasnya.

Beliau juga menerangkan bahwa dalam kegiatan tersebut, para peserta kemah wajib  mengikuti berbagai aktivitas  yang bertujuan untuk melatih kemandirian, semangat kebersamaan, cinta tanah air dan rasa tanggung jawab. "Kenaikan tingkat dalam Kepramukaan membutuhkan usaha yang gigih. Agar dapat dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara, peserta harus menempuh serta menyelesaikan seluruh poin yang ada dalam SKU (Syarat Kecakapan Umum). SKU Pramuka Penegak Bantara terdiri dari berbagai aspek yakni kemampuan bertahan hidup (survival skill), keagamaan, sikap dan perilaku, sosial dan sebagainya," ungkap Pembina Satuan Putri, Siti Wulan Dari.

Sementara itu ketua sangga Putra, Adjie mengatakan bahwa  sebelum prosesi pelantikan, para calon bantara akan mengikuti berbagai  latihan ketahanan fisik, pemberian materi kepramukaan, jelajah alam, jurit malam, bakti sosial bersih lingkungan, penyalaan api unggun, pentas seni, sharing berbagai persoalan, dan serangkaian kegiatan lainnya.

“Seluruh persyaratan dalam SKU akan diterapkan dalam kegiatan perkemahan. Mulai dari keterampilan tali temali, mendirikan tenda, berkemah, menampilkan kesenian daerah, melaksanakan kerja bakti, mengenali tanda-tanda alam, hingga berperilaku sesuai dengan Pancasila dan keyakinan agama", kata Adjie melanjutkan

“Pelantikan akan dilaksanakan langsung oleh Pembina sangga. Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan yang kami rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Kami juga berharap usai pelantikan Bantara ini para penegak bantara yang baru dapat terus mempertahankan dan mengembangkan kegiatan pramuka di MAN 2  Langkat serta terus mengamalkan Dasa Darma Pramuka", demikian harapan yang disampaikan Adjie.