• HOME
  • Berita
  • BPS LANGKAT SOSIALISASI SENSUS PENDUDUK ONLINE DI MAN 2 LANGKAT

BPS LANGKAT SOSIALISASI SENSUS PENDUDUK ONLINE DI MAN 2 LANGKAT

  • 23 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 1 minggu 8 jam 46 menit yang lalu

  • View: 190

Badan Pusat Statistik Kabupaten Langkat melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan sensus penduduk online kepada siswa MAN 2 Langkat, Jum’at (20/12) di halaman MAN 2 Langkat. Sebelum melakukan sosialisasi dihadapan siswa, petugas BPS yang diwakili oleh M. Syukur daiterima oleh kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra MM di ruang kepala madrasah.

Dalam penjelasannya M. Syukur mengatakan bahwa tujuan sosialisasi tentang sensus penduduk online kepada siswa  adalah agar para siswa memahami serta bisa menjadi corong penyampaian informasi tentang sensus ini kepada para orang tua dan masyarakat sekitarnya. "Siswa SLTA kita anggap telah matang dalam penerimaan informasi. Mereka adalah agen informasi yang sangat potensial untuk meneruskan informasi dari BPS mengenai sensus penduduk online ini kepada orang tua mereka dan pada masyarakat sekitarnya. Selain itu kita juga berharap agar nantinya para siswa ini dapat berperan aktif, paling tidak untuk mengingatkan orang tua mereka untuk melakukan pendataan penduduk melalui sensus penduduk online yang akan dilaksanakan  pada bulan Pebruari dan Maret 2020", ungkapnya.

Sementara itu, Edi menyampaikan apresiasi atas sosialisasi yang disampaikan oleh BPS tersebut. "Kami akan selalui bersedia memberikan kesempatan bagi lembaga pemerintahan yang ingin menyampaikan informasi atau sosialisasi terhadap program pemerintah. Sebagai lembaga pendidikan kita juga berharap agar siswa kita melek informasi terhadap program pemerintah. Selain itu tentu saja kita juga berharap mereka juga akan menjadi penyampai informasi tersebut kepada orang lain yang ada disekitarnya, termasuk orang tua. Langkah yang dilakukan oleh BPS dalam menyampaikan sosialisasi terhadap siswa merupakan langkah yang tepat agar siswa mendapatkan informasi yang benar dari sumber yang benar pula. Kita juga akan mengapresiasi dan akan tetap bersedia jika BPS  membutuhkan kerjasama dari MAN 2 Langkat", katanya.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, tim petugas BPS melaukan pemaparan tentang tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik serta manfaat dari pelaksanaan sensus, baik sensus penduduk, sensus pertanian dan sensus ekonomi. Selanjutnya acara diisi dengan quiz berbentuk pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa tentang BPS dan Sensus Penduduk Online. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh siswa dengan penuh antusias.

Secara khusus, salah seorang petugas BPS Langkat, Reni menyampaikan  pujian dan salut atas antusiasme serta keingintahuan siswa tentang program sensus penduduk online itu. "Dibanding dengan siswa SLTA yang telah kami kunjungi sebelumnya, maka siswa MAN 2 Langkat lebih antusias dan aktif. Hal ini ditandai dengan keberanian mereka memberikan jawaban serta pendapat atas pertanyaan yang diberikan oleh tim", jelasnya. (mn)