• HOME
  • Berita
  • MAKAN BERSAMA MERIAHKAN PERINGATAN MAULID NABI SAW DI MAN 2 LANGKAT

MAKAN BERSAMA MERIAHKAN PERINGATAN MAULID NABI SAW DI MAN 2 LANGKAT

  • 23 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 4 minggu 13 jam 10 menit yang lalu

  • View: 111

Keluarga besar MAN 2 Langkat melaksanakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam sebuah kegiatan yang dipadukan dengan peringatan Hari Guru Republik Indonesia yang ke 74, Senin (25/11).

Dalam acara bersama tersebut, panitia mengangkat tema "Meneladani kehidupan Rasulullah menjadi inspirasi guru untuk untuk berkarya dalam mencerdaskan anak bangsa".

Dalam keterangannya kepada Inmas ketua panitia Ahmad Mursalin,S.Ag mengatakan bahwa pelaksanaan peringatan Maulid Nabi memang sengaja disatukan dengan pelaksanaan peringatan HUT Guru yang ke 74. "Selain faktor efesiensi, kita juga ingin kembali mengingatkan bahwa selain sebagai seorang Rasul, Nabi SAW juga adalah sebagai seorang guru dan panutan yang menjadi "Uswatun Hasanah". Kita jangan pernah bandingkan beliau dengan sosok lain karena tidak akan ada yang sebanding dengan beliau. Dalam konteks tersebut penyatuan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi event dimana para guru dapat memetik dua hikmah sekaligus, yaitu hikmah peringatan Maulid Nabi serta hikmah peringatan HUT Guru ke 74.

Dalam tausiahnya, Ust. H.M.Rajali mengingatkan akan pentingnya peran seorang guru dalam membentuk karakter sebuah generasi.Selain itu dia juga mengingatkan bahwa  guru harus menjadikan Rasulullah sebagai teladan dalam mendidik dan serta membentuk karakter dan perilaku generasi. Beliau juga mengingatkan tantangan yang harus dihadapi guru pada era digital sekarang ini, terutama dalam  memberikan pendidikan karakter karena apa yang dilihat siswa melalui media sosial lebih dominan ketimbang apa yang dicontohkan dan didengarnya dari guru.

"Tugas guru adalah menyampaikan serta memberikan contoh dan teladan yang baik serta ilmu  pengetahuan yang bermanfaat yang dimilikinya demi perkembangan anak bangsa. Guru juga harus terus belajar agar tidak tertinggal dengan jaman", demikian sebahagian isi ceramah beliau.

Pada akhir kegiatan, panitia juga mengadaakan kegiatan makan bersama. Menurut WKM Bidang Kesiswaan, Zulfariuddin Mtd, S.Pd kegiatan  makan bersama ini digagas oleh kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra. "Selain untuk memeriahkan serta mengingatkan kembali pada tradisi lama masyarakat muslim tentang perayaan peringatan maulid nabi, dimana selalu diiringi dengan kenduri makan bersama, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menjalin kebersamaan  antara guru, para pegawai dan siswa", ungkapnya.

Sementara untuk makanan yang dihidangkan dan disantap bersama merupakan makanan rumahan yang dibawa oleh siswa sebagai bekal makan siang. "Kebersamaan membuat sesederhana apapun makanan yang kita makan akan terasa menjadi nikmat. Semoga even kebersamaan seperti ini dapat semakin mempererat rasa menghargai, saling menghormati serta perasaan persaudaraan sesame siswa dan sesama guru MAN 2 Langkat", kata zulfariuddin mengakhiri keterangannya. (mn)