• HOME
  • Berita
  • KEPALA MAN 2 PUJI KEMAMPUAN CPNS DALAM PRESENTASI LATSAR

KEPALA MAN 2 PUJI KEMAMPUAN CPNS DALAM PRESENTASI LATSAR

  • 21 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 1 minggu 2 hari 5 jam 14 menit yang lalu

  • View: 113

"Saya sangat mengapresiasi dan bangga atas kemampuan yang ditunjukkan oleh para peserta Latsar CPNS MAN 2 Langkat, baik mereka yang menyampaikan presentasi rancangan aktualisasi maupun seminar hasil aktualisasi", demikian disampaikan oleh Kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra kepada Inmas, Rabu (16/10).

Hal tersebut disampaikan Edi sebagai hasil pengamatan penilaian yang beliau lakukan terhadap presentasi yang dilakukan oleh beberapa CPNS MAN 2 Langkat dalam sebuah kegiatan seminar Rancangan dan seminar hasil Aktualisasi yang dilaksanakan di Balai Diklat Keagamaan Medan di Hotel Sriwijaya, Selasa (12/10).

Edi mengatakan bahwa Pelatihan Dasar Calon PNS merupakan salah satu jenis pelatihan dalam rangka pembentukan karakter PNS serta membentuk kemampuan bersikap dan bertindak secara profesional. "Salah satu rangkaian kegiatan dalam Latsar CPNS adalah Seminar Presentasi Rancangan serta Laporan Hasil Aktualisasi Latsar. Dalam kegiatan latsar diharapkan peserta mendapatkan pemahaman tentang konsep aktualisasi dan pelaksanaan aktualisasi sehingga peserta memiliki kemampuan mensintesakan substansi mata pelatihan pada latsar ke dalam rancangan aktualisasi, melaksanakan seminar rancangan aktualisasi, mendapatkan bimbingan penulisan rancangan aktualisasi, melaksanakan seminar rancangan aktualisasi, melaksanakan aktualisasi di tempat kerja dan menyusun laporan aktualisasi serta menyiapkan rencana presentasi laporan pelaksanaan aktualisasi. Dalam Hal ini, pihak Madrasah terutama pimpinan madrasah dilibatkan secara aktif dalam pembentukan karakter Calon PNS tersebut. Itulah sebabnya Pimpinan madrasah harus ada hadir pada kegiatan seminar rancangan karena pimpinan madrasah akan difungsikan sebagai mentor dalam aktualisasi yang akan dilaksanakan calon PNS tersebut selama kegiatan di madrasah. Hal yang sama juga dilakukan pada saat seminar hasil aktualisasi agar ada masukan yang dapat diberikan untuk perbaikan laporan hasil", kata Edi menjelaskan.

Disampaikan juga bahwa MAN 2 Langkat Menerima penempatan sejumlah 20 CPNS. ”Dari jumlah tersebut, 3 orang telah menyelesaikan laporan hasil, 6 orang sedang melaksanakan program aktualisasi, sedangkan 8 orang sedang melaksanakan Latsar CPNS. Sedang sisanya sedang menunggu panggilan untuk kegiatan latsar. Kita berharap bahwa pola Diklat Prajabatan atau Latsar seperti yang dilaksanakan sekarang ini akan semakin meningkatkan kualitas para guru, terkhusus para guru muda. Sementara itu juga kita berharap kualitas dan kemampuan yang mereka miliki akan berpengaruh positif pada kemapuan yang akan dimiliki oleh siswa MAN 2 Langkat. Kita yakin guru berkualitas akan mampu menghasilkan siswa yang juga berkualitas. Tentu saja selain berharap banyak pada para CPNS ini, kita juga tetap berusaha untuk terus meningkatkan kemanpuan para guru yang berusia agak senior", tambahnya mengakhiri keterangan. (mn)