• HOME
  • Berita
  • MAN 2 LANGKAT SALURKAN SANTUNAN KEPADA 129 ANAK YATIM DAN WARGA KURANG MAMPU

MAN 2 LANGKAT SALURKAN SANTUNAN KEPADA 129 ANAK YATIM DAN WARGA KURANG MAMPU

  • 21 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 22 jam 31 menit yang lalu

  • View: 133

Warga MAN 2 Langkat melaksanakan kegiatan peringatan 10 Muharram dengan melaksanakan penyantunan terhadap anak yatim dan keluarga kurang mampu sejumlah 129 orang. Kegiatan penyantunan tersebut dilaksanakan pada Selasa (10/09) di MAN 2 Langkat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Langkat, H. Zulfan Efendi yang diwakili oleh KaSubbag TU Kankemenag Langkat, H. M. Syukri, MA., Tokoh masyarakat setempat, serta seluruh dewan guru dan para siswa MAN 2 Langkat. Selain melaksanakan penyantunan terhadap anak yatim dan warga yang kurang mampu, kegiatan tersebut juga diisi dengan tausyiah Muharram yang disampaikan oleh Ustadz H, Ali Imran LC, alumni Sudan.

H.M. Syukri dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih serta apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh MAN 2 Langkat. Menurut Syukri apa yang dilaksanakan oleh MAN 2 Langkat merupakan sebuah pembelajaran yang akan menumbuhkan sikap apeksi yang baik. Selain itu beliau juga mengingatkan seluruh siswa untuk mempunyai sifat cerdas, tamak dan ambisius dalam mencari ilmu pengetahuan, serta sungguh- sungguh dalam belajar.

Kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra, S.PdI,MM mengatakan bahwa kegiatan penyantunan anak yatim dan  warga yang kurang mampu ini merupakan sebuah upaya menanamkan kesadaran untuk berbagi serta membangkitkan kepedulian terhadap anak yatim serta warga tak mampu. "MAN 2  Langkat hanya bisa mengkordinir serta menyalurkan bantuan dan sumbangan yang kami peroleh dari para guru, orang tua/wali siswa serta alumni dan simpatisan lain yang selalu mendukung program- program yang dicanangkan di MAN 2 Langkat. Penyantunan  terhadap anak yatim dan warga kurang mampu ini merupakan kali pertama kita laksanakan di MAN 2 Langkat. Kita berharap agar program ini tetap bisa dilaksanakan dalam memperingati bulan Muharram, khususnya tanggal 10 Muharram", ungkapnya.

Ketua panitia pelaksana, Rabiatun Adawiyah,S.Pd menyampaikan bahwa penyantunan semula direncanakan hanya untuk 60 orang. "Seiring dengan antusiasnya orang tua siswa dan guru untuk menyampaikan sumbangan, maka santunan yang kita rencanakan untuk 60 orang memungkinkan untuk ditambah jumlahnya menjadi 129 orang. Secara keseluruhan dana tunai yang berhasilkita kumpulkan sebesar  RP.23.220.000 serta  beras sebanyak  687 Kg. Keseluruhan dana dan beras kita serahkan kepada 129 anak yatim serta warga kurang mampu,yang terdiri dari 90 siswa MAN 2 Langkat, 15 bukan siswa MAN 2 Langkat dan sisanya kepada kategori warga kurang mampu yang berada disekitar MAN 2 Langkat. Masing-masing memperoleh 5 kg beras serta uang sebesar Rp. 180.000. Selain itu ada juga sumbangan yang diberikan oleh alumni berupa dukungan untuk operasional kegiatan sebesar Rp.2.437.000. Jadi secara keseluruhan uang yang berhasil kita galang berkisar Rp. 25 juta lebih", katanya menjelaskan.

Puncak kegiatan tersebut adalah penyerahan santunan yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh dewan guru kepada sejumlah 90 siswa MAN 2 Langkat. Narasi menyentuh hati yang dibawakan oleh salah seorang siswa membuat suasana penyerahan santunan tersebut sangat menyentuh dan mengharu biru sehingga banyak siswa dan guru yang tidak sanggup menahan air mata sedih serta haru mengingat kesedihan yang dirasakan oleh para anak yatim tersebut. (mn)