• HOME
  • Berita
  • 34 KUALI UKURAN BESAR BUBUR ASSYURA DI MASAK DI MAN 2 LANGKAT

34 KUALI UKURAN BESAR BUBUR ASSYURA DI MASAK DI MAN 2 LANGKAT

  • 21 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 4 jam 53 menit yang lalu

  • View: 126

Warga MAN 2 Langkat melaksanakan lomba memasak bubur Assyura, Senin (09/09) bertempat di halaman MAN 2 Langkat. Acara pembukaan yang rencananya dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB terpaksa harus ditunda karena guyuran hujan. Acara perlombaan baru dibuka dengan resmi sekitar pukul 09.30 WIB.  Hadir dalam acara tersebut  Kankemenag Langkat, H. Zulfan Efendi MSI yang diwakili oleh Kasie Penmad, Hj. Dra Siti Aminah MA. Hadir juga Camat Kecamatan Tanjung Pura, yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Lurah Pekan Tanjung Pura, Drs. Aswin, Pengawas MAN 2 langkat, Jafaruddin M.Pd serta Ketua Korwas MA Kankemenag Langkat, Drs, Hasbullah MA. Selain itu acara pembukaan juga dihadiri oleh para guru pendamping dari sekolah maupun madrasah yang mengirimkan utusan untuk ikut serta dalam perlombaan tersebut. Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh keluarga  Kesultanan Langkat, cucu dari Sultan Mahmud Rahmadsyah.

Dalam sambutannya Kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra,S.PdI,MM menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasi atas kesedian para undangan untuk hadir meramaikan kegiatan peringatan Muharram. "Kegiatan peringatan Muharram merupakan kegiatan rutin yang kita laksanakan di MAN 2 Langkat. Kegiatan lomba masak bubur assyura merupakan salah satu cara yang kita buat sebagai sarana silaturrahmi antar siswa sekolah dan  untuk meramaikan syiar budaya Islam. MAN 2  Langkat juga telah melaksanakan pawai  pada penyambutan tahun baru Hijriah, I Muharram 1441 H. Selain mengadakan lomba masak bubur Assyura, kita juga akan mengadakan penyantunan terhadap 100 lebih anak yatim dan fakir miskin yang insyaAllah akan kita laksanakan besok ditempat ini juga", ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Aminah berharap agar setiap peserta  mampu mendalami philosopi dari kegiatan memasak bubur assyura tersebut. "Kita berharap agar kegiatan ini bukan hanya sekedar kegiatan berkumpul untuk masak- masak. Kita berharap kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk pelestarian khasanah budaya islam yang tentu saja mempunyai  nilai- nilai pengajaran didalamnya.", demikian katanya. Beliau juga mengatakan bahwa pihak Kankemenag Langkat mengapresiasi serta mendukung setiap kegiatan positif yang dilaksanakan oleh setiap madrasah di jajaran kankemang Langkat.

Sementara dalam laporannya, Ketua panitia kegiatan, Dra. Rabiatun Adawiyah meymapaikan bahwa kegiatan peringatan Muharram tersebut merupakan kegiatan bersama yang dilakukan oleh siswa dan Guru. "Kami bangga karena mempunyai murid yang rela bekerja bersama. Kegiatan ini merupakan wujud dari kerjasama antara guru dan siswa. Dalam kegiatan  ini ada sekitar 34 team peserta denga 34  kuali ukuran besar yang digunakan untuk memasak bubur Assyura tersebut. 27 kuali merupakan masakan setiap kelas di MAN 2 Langkat, sementara  7 kuali merupakan  masakan yang dilombakan. Dalam kegiatan ini siswa MAN 2 Langkat tidak diikutkan dalam perlombaan sehingga peserta yang dinilai hanya peserta yang berasal dari luar MAN 2 Langkat", katanya menegaskan. (mn)