• HOME
  • Berita
  • 4 KANDIDAT KETUA UMUM OSIS MAN 2 LANGKAT LAKUKAN UJI VISI, MISI DAN PROGRAM KERJA

4 KANDIDAT KETUA UMUM OSIS MAN 2 LANGKAT LAKUKAN UJI VISI, MISI DAN PROGRAM KERJA

  • 21 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 1 hari 14 jam 13 menit yang lalu

  • View: 173

Kepengurusan OSIS MAN 2 Langkat Periode 2018-2019 melaksanakan kegiatan Debat Kandidat untuk Ketua Umum OSIS periode 2019-2020, Sabtu (07/09). Debat yang dilaksanakan arena Taman Lesehan MAN 2 Langkat tesebut diikuti oleh 4 kandidat dan disaksikan oleh seluruh siswa MAN 2 Langkat serta sejumlah guru yang bertindak sebagai panelis. Layaknya debat kandidat pada pilkada, Debat kandidat ketua Umum OSIS Mandala Periode 2019-2020 ini dibuka dengan  lantunan ayat suci Alqur’an serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta hymne Madrasah Aliyah Negeri 2.

Dalam arahannya pada kegiatan tersebut, kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra,S.PdI, MM yang diwakili oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum, As’ad Husein MA mengingatkan kepada para kandidat dan para peserta untuk  benar benar mengikuti jalannya acaa debat tersebut, "Acara yang kita lakukan ini adalah sebuah pembelajaran bagi kita semua. Terkhusus bagi para kandidat ketua Umum OSIS, kalian harus dapat menjelaskan dan mempertahankan serta memberikan argumentasi logis serta empiris terhadap visi, misi dan program yang akan dilaksanakana nantinya, baik program jangka pendek maupun jangka panjang.  Visi misi seorang kandidat ketua harus juga  mengakomodasi visi misi yang dijalankan oleh Madrasah, yaitu berbasis intelektual, iman dan takwa, daya saing serta menjunjung kearifan lokal", ungkapnya.

Bertindak selaku panelis, masing- masing As’ad husein, MA , Drs. Nukman Abd Khair, Drs Maddian,  Nurhidayani MA serta Ahmad Azhari,SS. Kelima  panelis tersebut mencoba menggali dan memperdalam serta memaksa pari kandidat untuk menjabarkan dan merasionalisasi visi dan misi yang mereka sampaikan. "Selain visi dan misi, tentu saja seorang kandidat harus bisa tampil meyakinkan. Para pemilih nantinya akan melihat jajak prestasi yang pernah dibuat oleh masing- masing kandidat. Jadi kandidat harus dapat membuktikan mereka matang secara emosional, secara akademis, secara spiritual serta secara sosial", demikian komentar yang disampaikan oleh  Maddian untuk mengingatkan calon pemilih.

"Semua kandidat adalah mereka yang telah terseleksi dengan baik. Program yang ditawarkan juga baik. Salah satu kriteria pembanding yang bisa para siswa lakukan adalah melalui tingkat kecerdasan masing- masing dalam memberikan solusi atas pertanyaan maupun persoalan yang diberikan oleh para panelis", tambahnya.

Sementara itu, Pembina OSIS, Ahmad Azhari SS mengatakan bahwa secara keseluruhan, para kandidat telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sehingga mereka dapat memberikan tanggapan maupun jawaban yang sesuai dengan visi dan misi yang mereka buat. "Secara keseluruhan proses pembelajaran keorganisasian di OSIS MAN 2 Langkat berjalan dengan sangat baik. Terbukti dengan semakin matangnya para kandidat dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi debat", katanya. Dia juga berharap agar nantinya akan dapat terpilih kandidat terbaik yang akan menjadi motor OSIS MAN 2 Langkat dalam mensukseskan program madrasah, terkhusus yang berkaitan dengan kesiswaan. (mn)