• HOME
  • Berita
  • 6 DOSEN FKM UINSU LAKSANAKAN KEGIATAN DI MAN 2 LANGKAT

6 DOSEN FKM UINSU LAKSANAKAN KEGIATAN DI MAN 2 LANGKAT

  • 21 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 16 jam 17 menit yang lalu

  • View: 115

Kepala MAN 2 Langkat, Edi sahputra S.PdI menerima kunjungan 6 dosen FKM UINSU bertempat diruang kepala madrasah, Rabu (28/08) dalam rangka melakukan program penyuluhan kesehatan serta pendampingan untuk penyuluh kesehatan bagi siswa. Turut hadir mendampingi kepala madrasah wakil kepala bidang kurikulum, As’ad Husein MA.

Edi Sahputra menyampaikan apresiasi  yang tinggi atas kesediaan FKM UINSU untuk menjadikan MAN 2 Langkat sebagai sasaran program pengabdian. “ Kami sangat menyambut baik serta berterimakasih atas program yang dijalankan oleh FKM UINSU di MAN 2 Langkat. Kami juga berharap ini merupakan awal pengenalan dara para dosen terhadap potensi siswa MAN 2 Langkat yang selanjutnya tentu saja kami berharap akan ada perhatian khusus yang diberikan oleh fihak FKM UINSU dalam memfasilitasi siswa MAN 2 Langkat untuk dapat menjadi mahasiswa FKM UINSU melalui jalur yang tersedia.” kata Edi.

Seorang dosen FKM UINSU  yang juga merupakan ketua team, Fauziah Nst, mengatakan bahwa kegiatan yang mereka lakukan merupakan salah satu bentuk tri darma perguruan tinggi yang dilaksanakan dalam agenda Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri Pendampingan Komunitas dalam bentuk Pendidikan Teman Sebaya. “Tujuan kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada sejumlah siswa tentang hidup sehat terutama tentang isu yang sangat dekat dan rentan dalam kehidupan remaja yaitu bahaya Narkoba, HIV dan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi bagi remaja. Diharapkan mereka akan menjadi perpanjangan tangan dari FKM UINSu dalam menularkan serta menyebarkan informasi terkait hal tersebut terhadap rekan sebaya mereka sesama siswa. Paska kegiatan ini pendampingan ataupun informasi tentang kesehatan akan terus kita berikan kepada peserta melalui grup WA yang telah kita buat. Dengan demikian kita berharap agar peserta kegiatan ini dapat memperoleh informasi terbaru tentang isu kesehatan.” demikian katanya menjelaskan.

Fauziah juga mengungkapkan kekagumannya atas respek, respon serta antusias yang ditunjukkan oleh peserta kegiatan terhadap materi yang disampaikan oleh nara sumber. “ Mereka sangat responsive terhadap isu yang kami sampaikan, bahkan mereka mencoba menghubungkan setiap persoalan yang kami sampaikan dengan kasus yang terjadi. Mereka juga mencoba untuk menyampaiakn alternatif solusi terhadap persoalan yang ada", kata Faiziah

Wakil kepala bidang kesiswaan, Zulfariuddin Mtd mengatakan bahwa kegiatan pendidkan teman sebaya tersebut dilaksanakan dalam 3 ruangan dengan jumlah siswa sebanyak 95 orang. “Peserta terdiri dari kelas X, XI dan XI. Kita berharap masing- masing siswa dari setiap kelas dapat menjadi menyampai informasi kesehatan seperti yang diharapkan oleh dosen FKM UINSU tersebut. Kesan positif yang mereka terima diharapkan akan menjadi awal bahwa akan banyak kegiatan dari fakultas berbeda yang akan ditujukan ke MAN 2 Langkat.”kata Zulfariuddin.