• HOME
  • Berita
  • SISWA MAN 2 HARUS SALING ASAH, ASIH DAN ASUH

SISWA MAN 2 HARUS SALING ASAH, ASIH DAN ASUH

  • 21 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 1 minggu 2 hari 3 jam 44 menit yang lalu

  • View: 137

Guru Bimbingan dan konseling MAN 2 Langkat, Billia, S.Psi mengimbau para siswa MAN 2 Langkat untuk membali memperhatikan etika dalam bertutur kata dan kesopanan dalam berpakaian. Hal tersebut beliau sampaikan ketika memberikan arahan dan bimbingan pada kegiatan upacara bendera, Senin (19/08) di Lapangan MAN 2 Langkat.

Dalam arahannya beliau juga menyampaikan keprihatinan atas semakin berkurangnya etika kalangan generasi muda, terkhusus kalangan pelajar  “Banyaknya pertikaian yang terjadi dikalangan pelajar disebabkan tiadanya etika berbahasa baik dalam komunikasi langsung maupun melalui wadah medsos. Terkhusus bagi siswa MAN 2 Langkat, saya menghimbau agar kalian dapat menjadi contoh baik bagi kalangan muda lainnya dalam menggunakan bahasa yang santun. Selain itu MAN 2 telah menerapkan aturan berpakaian khusus, maka ikuti aturan tersebut dengan sebaik-baiknya. Baju kurung dengan belahan samping dibawah lutut adalah aturan yang telah ditetapkan. Jadi jangan coba-coba membuat belahan samping hingga kepinggul. Untuk para siswa laki-laki, tidak dipetkenankan untuk mengenakan ukuran celana ketat. MAN 2 adalah lembaga pendidikan bercirikan Islam. Secara maksimal kita akan terapkan peraturan–peraturan yang sesuai dengan aturan Islam,” katanya.

Selain itu Billia juga berharap agar selain menunjukkan semangat dalam belajar, setiap siswa juga bisa menjadi contoh baik bagi siswa lainnya. “Siswa yang lebih tua, sayangi dan bimbing serta berikan contoh yang baik bagi siswa yang lebih muda, sedangkan bagi siswa yang lebih muda, bersikaplah untuk menghargai serta menghormati siswa yang lebih tua. Jika terjaga sikap saling menghargai dan menghormati, maka dipastikan akan tercapai suasana aman damai dilingkungan madrasah kita ini,”  ujarnya.

Sementara itu Pembina Osis, Azhari secara terpisah mengatakan bahwa topik terebut diangkat oleh Billia untuk menanggapi dan mengingatkan kembali kepada siswa tentang pentingnya saling asah, asih dan asuh. “Minggu yang lalu sempat terjadi salah paham antar siswa yang nyaris berujung baku hantam, untunglah persoalan tersebut cepat kita ketahui dan kita selesaikan. Pengarahan yang disampaikan oleh ibu Billia adalah terkait dengan kasus tersebut. Siswa memang perlu selalu diingatkan.” Kata Azhari mengakhiri penjelasannya.