• HOME
  • Berita
  • SISWA MAN 2 LANGKAT KUNJUNGI KANWIL BANK INDONESIA MEDAN

SISWA MAN 2 LANGKAT KUNJUNGI KANWIL BANK INDONESIA MEDAN

  • 21 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 4 minggu 1 hari 18 jam 58 menit yang lalu

  • View: 105

Sejumlah 20 guru MAN 2 Langkat mendampingi 180 siswa dalam melaksanakan studi ekskursi  ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Medan, Kamis (08/08). Rombongan diterima oleh Asisten Direktur Bank Indonesia,  Kusnadi. Seluruh peserta ekskursi diterima di ruang rapat yang terdapat di lantai 9 gedung tersebut.

Mewakili Kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra S.PdI,MM Wakamad Kurikulum As’ad Husein  dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kesediaan pihak BI kantor wilayah Medan untuk menerima kehadiran siswa MAN 2 Langkat. As’ad juga menyampaikan bahwa tujuan kehadiran siswa MAN 2 Langkat adalah untuk belajar. "Kegiatan yang kami lakukan ini adalah kegiatan belajar terintegrasi. Kami memang telah rencanakan untuk berkunjung ke BI . Kita ingin mengajak siswa untuk belajar sambil mengalami.  Artinya siswa dapat belajar langsung tentang uang kesumbernya. Selain itu kami juga ingin memotivasi siswa agar punya minat dan harapan untuk berprestasi seperti  para alumni sebelumnya yang berhasil menjadi bagian dari BI", katanya.

Sementara itu dalam  sambutannya Kusnadi menyambut baik serta merasa senang atas kehadiran para siswa untuk belajar langsung ke BI. Menurutnya  juga bahwa BI sebagai lembaga keuangan Negara mempunyai  tugas dan peran, salah satunya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang  makna uang. "Uang selain sebagai alat tukar resmi di wilayah RI, juga merupakan martabat Negara. Uang harus dijaga keutuhannya. Uang seharusnya tidak boleh dilipat, diremas, maupun disobek. Negara mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mencetak uang tersebut.  Pelajar yang telah mendapat pengarahan dari BI kita harapkan akan menjadi  corong penerus informasi tersebut, minimal mereka memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga keutuhan uang tersebut  untuk diri mereka sendiri", ungkapnya.

Selanjutnya para siswa diberikan materi tentang Bank Indonesia, Peran  dan Fungsinya serta bagaimana menjaga uang serta mengidentifikasi uang palsu oleh nara sumber yang dipersiapkan oleh BI. Kegiatan dilaksanakan secara interaktif sehingga siswa antusias mengikuti setiap sesi penyampaian materi oleh narasumber.

Dalam keterangannya kepada inmas, guru ekonomi MAN 2 Langkat, Khairul Layali, S.Pd  berharap agar kegiatan ini juga dapat dilaksanakan untuk tahun depan. "Kegiatan ini merupakan kali ke 3 kita lakukan di BI. Peran alumni yang menjadi bagian dari gen BI sangat membantu kita untuk mendapatkan akses ke BI. Kita berharap tahun depan kegiatan serupa masih dapat kita laksanakan di BI. Namun kita berharap siswa mendapat kesempatan untuk dapat melihat proses kegiatan yang ada di BI secara langsung" imbuhnya. (mn)