• HOME
  • Berita
  • SISWA MAN 2 LANGKAT MASUK 10 FINALIS DUTA GENRE SUMUT 2019

SISWA MAN 2 LANGKAT MASUK 10 FINALIS DUTA GENRE SUMUT 2019

  • 21 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 1 minggu 2 hari 19 jam 4 menit yang lalu

  • View: 121

Nita Inda Purnama, salah seorang dari 5 siswa MAN 2 Langkat yang mengikuti Live Audition Duta Genre Sumut berhasil masuk kedalam 10 besar Finalis Duta Genre Sumut 2019. Demikian disampaikan oleh Pembina PIK R MAN 2 Langkat, Billia, S.Psi kepada inmas, Minggu (28/07).

Billia juga mengatakan bahwa MAN 2 Langkat mengutus 5 orang siswa untuk mengikuti audisi Duta Genre Sumut yang diadakan di Kantor PPKB dan PPA Sumut pada Sabtu (27/07). Dari ke 5 peserta yang di utus, Nita terpilih menjadi salah satu finalis. Para peserta diuji pemahaman serta life skill yang mereka miliki. Pemilihan duta Genre dimaksudkan untuk memilih figur teladan dan juga menarik yang akan dijadikan sebagai motivator dikalangan remaja dalam mempromosikan program-program BKKBN yang langsung bersentuhan dengan kehidupan remaja.

"Genre adalah suatu program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. Program Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Program Genre merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa. Untuk mencapai tujuan diatas, maka di dalam program GenRe dikembangkan materi-materi diantaranya adalah Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skill, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, serta Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Program Genre dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya dengan teman sebaya. Dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe, khususnya pengembangan PIK Remaja sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan konseling, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta Genre. Dengan adanya Duta Genre, sosialisasi dan promosi program Genre dilingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah remaja. Disamping itu, di lingkungan remaja secara umum, ikon Duta Genre dirasa memberi nilai lebih dalam hal sosialisasi dan promosi program Genre. Kita hanya bisa mendoakan semoga siswa kita ini dapat melewati seleksi selanjutnya dan terpilih menjadi Duta Genre Sumut dari kategori pelajar", ungkap Billia menjelaskan secara lengkap tentang program dan tujuan pemilihan Duta Genre tersebut.

Kepada inmas Billia  juga menjelaskan bahwa PIK R MAN 2 Langkat selama ini cukup aktif dalam mengikuti dan mendukung program- program BKKBN. "MAN 2 Langkat merupakan mitra BKKBN dalam mempromosikan program- programnya terkait dengan kehidupan, persoalan dan masa depan remaja. Kita berharap dengan masuknya kita di finalis Duta Genre, akan semakin memacu semangat siswa yang lainnya untuk terus berbuat dan berprestasi secara maksimal. Kita berharap bahwa paling tidak aka nada siswa MAN 2 Langkat yang akan menjadi motivator kegiatan genre di even- even pertemuan yang dilaksanakan oleh BKKBN, baik kabupaten maupun provinsi Sumatera Utara", harapnya. (mn)