• HOME
  • Berita
  • WALAU HUJAN, UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TETAP BERJALAN

WALAU HUJAN, UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TETAP BERJALAN

  • 18 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 4 hari 21 jam 32 menit yang lalu

  • View: 106

Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila , 1 Juni 2019  di MAN 2 Langkat dilaksanakan dalam suasana hujan. Upacara diikuti oleh seluruh dewan guru serta siswa kelas XI dan X. Bertindak selaku Pembina Upacara, Kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra S.PdI, MM.

Dalam arahannya beliau membacakan petikan sambutan Kepala BPIP pada peringatan hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019. Dalam petikan tersebut disampaikan bahwa Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan bangsa  merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia.Walaupun sebangai bangsa kita belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai- nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan sebagai bangsa dan Negara masih dapat bertahan hingga saat ini berkat Pancasila," demikian bunyi petikan tersebut.

Dalam petikan pidato Plt Kepala BPIP, Hariyono tersebut juga disampaikan bahwa peringatan hari Lahir Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber aspirasi  politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Beliau juga menghimbau agar seluruh elemen bangsa harus teru menerus secara konsisten merealisasikan  pancasila sebagai Dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan dunia. "Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila," demikian kata- kata penutup yang disampaikan dalam petikan tersebut.

Selesai membacakan petikan pidato Kepala BPIP, Kamad juga menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kesedian para siswa serta guru untuk hadir bersama melaksanakan upacara peringatan hari lahir pancasila. "Saat ini adalah hak libur yang telah diberikan kepada siswa serta para guru. Namun karena rasa patriot kita serta rasa kepancasilaan yang kita miliki maka kita bersama melaksanakan peringatan hari lahir Pancasila di MAN 2 Langkat. Walaupun dalam kondisi hujan kita tetap bersemangat untuk bersama- sama melaksanakan seremonial  peringatan hari lahir Pancasila ini. Saya tahu bahwa di dunia pendidikanlah nilai- nilai pancasila tersebut diajarkan dan ditanamkan secara benar dan sungguh- sungguh. Dan tentu saja kita berharap agar nilai- nilai yang ditanamkan di dunia pendidkan ini dapat terus dipertahankan serta dilaksanakan oleh para generasi penerus , para pemimpin masa depan secara konsisten. Kita tidak ingin pancasila hanya muncul sebagai jargon belaka. Banyak mereka yang mengaku pancasila, namun perilaku yang ditampilkan jauh dari nilai pancasila. Saya mengharap agar kita semua dapat menjadi teladan yang baik dengan menunjukkan nilai-nilai Pancasila," demikian katanya.

Kepada Inmas, WKM Bidang Humas MAN 2 Langkat, Maddian menyampaikan bahwa upacara peringatan Hari lahir pancasila 1 Juni 2019 seyogyanya dilaksanakan di Lapangan utama MAN 2 Langkat. Namun karena hujan tak kunjung reda, pelaksanaan upacara terpaksa dilaksanakan secara sederhana. “Pelaksanaan upacara kita rencanakan dilaksanakan tepat pukul 8.00 WIB. Segala persiapan untuk upacara telah dilaksanakan. Karena hujan turun dengan deras, kita menunda pelaksanaan dan menunggu hujan reda. Setelah menanti sekitar satu setengah jam namun hujan belum berhenti, kita mengambil inisiatif untuk melaksanakan upacara secara sederhana dengan memanfaatkan teras ruangan kelas. Kita tidak ingin mengorbankan siswa berbasah- basah. Kita juga tidak ingin melewatkan momen peringatan upacara tersebut. Yang penting  walaupun derasnya turun hujan , upacara Peringatan Hari lahir Pancasila di MAN 2 Langkat tetap berjalan," katanya.

Dia juga menyampaikan kepada inmas bahwa sesuai dengan imbauan yang disampaikan oleh Bupati Langkat, serta diperkuat dengan surat edaran yang disampaikan oleh Kakan Kemenag Langkat, maka seluruh dewan guru dan siswa MAN 2 Langkat menggunakan busana melayu  dalam momen upacara peringatan hari lahir pancasila tersebut. Upacara Peringatan hari lahir Pancasila diakhiri dengan acara salam- salaman antara dewan guru serta murid.(mn)