• HOME
  • Berita
  • MAN 2 LANGKAT BERI PRIORITAS PADA PENGHAFAL QUR’AN

MAN 2 LANGKAT BERI PRIORITAS PADA PENGHAFAL QUR’AN

  • 16 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 2 minggu 6 jam 4 menit yang lalu

  • View: 119

Kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra MM secara resmi mengumumkan akan memberikan prioritas  bagi calon peserta didik  yang terdaftar pada ppdb MAN 2 langkat untuk diterima sebagai siswa MAN 2 Langkat tahun pelajaran 2019/2020 tanpa harus mengikuti seleksi yang disyaratkan. Kesempatan tersebut diberikan kepada para calon yang mempunyai prestasi pada tingkatprovinsi serta bagi mereka yang mempunyai hafalan Qu’an minimal 2 juz. Hal tersebut beliau sampaikan dalam kesempatan pembukaan kegiatan Test Pengetahuan Akademik yang dilaksanakan oleh panitia Ppdb MAN 2 Langkat, Senin 20 Mei 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Edi  sebagai penaggung jawab pelaksanaan Ppdb mengatakan bahwa pihak madrasah melalui panitia Ppdb telah bersepakan untuk memberikan prioritas bagi calon peserta yang mempunyai prestasi juara satu tingkat provinsi untuk semua bidang lomba yang ada. Sementara untuk para hafiz  dan hafizah, beliau mengatakan bahwa hal itu dilakukan sebagai sebuah motivasi dan penghargaan bagi mereka yang hafal  Al qur’an. “ Prestasi tingkat provinsi di bidang Taek Wondo adalah prestasi luar biasa yang telah  dicapai oleh Muhammad Alfarizi. Maka Sebagai sebuah wujud apresiasi MAN 2 Langkat atas perolehan yang telah ia torehkan, kita telah siapkan posisi khusus sebagai siswa MAN 2 Langkat tahun pelajaran 2019-2020 tanpa harus mengikuti seleksi akademis maupun praktek ibadah. Kita berharap dia akan dapat mengembangkan kemampuan yang telah ia miliki serta mengharumkan nama MAN 2 dengan kemampuan dan prestasi yang akan dia ukir kelak. “ Kata Edi.

Sementara itu terkait dengan diluluskannya para calon peserta yang menguasai hafalan al Qur’an, beliau menyampaikan bahwa hal itu merupakan sebuah penghargaan yang mampu diberikan oleh MAN 2 Langkat terhadap para penghafal Al Qur’an. “ Andai seluruh calon siswa pendaftar adalah penghafal al Qur’an, maka kami akan terima semuanya tanpa perlu melakukan tes kemampuan akademis lainnya. Kami yakin para penghafal adalah orang yang mempunyai kemampuan lebih dibanding dengan yang lainnya. Salah satu program madrasah yang telah dicanangkan adalah program penghafalan al qur’an. Kita berharap dengan diterimanya para penghafal qur’an ini dapat menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk melakukan hal yang sama. Kita juga berharap mereka ini nantinya dapat terus meningkatkan jumlah ayat dan juz hafalannya. Dalam kesempatan ini, pihak MAN 2 langkat memberikan prioritas kelulusan untuk mereka yang hafal  minimal 2 Juz.” Kata Edi disabut dengan ucapan syukur dari mereka yang masuk kriteria tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, ada 26 siswa yang tercatat sebagi penghafal al qur’an. Namun karena tidak ada sertifikat yang membuktikan hafalan mereka, maka panitia Ppdb MAN 2 Langkat melakukan test hafalan terhadap ke 26 siswa tersebut. Dari 26 siswa tersebut tercatat  7 orang mengusai hafalan dari 3 hingga 5 juz, sedangkan 20 siswa lainnya menguasai hafalan 2 juz. Pengujian hafalan para calon siswa tersebut dilakukan oleh guru tahfiz MAN 2 Langkat, Mhd. Avif Al Hafizh. Dalam pengujian tersebut beliau melakukan system sambung ayat. Terkhusus untuk juz 30, beliau menyebutkan dua ayat terakhir dari sebuah surat ,lalu peserta membacakan sambungan ayat tersebut dan melanjutkan kesurat berikutnya. Sementara untuk hafalan selain juz 30, beliau membacakan potongan ayat, lalu peserta melanjutkan potongan ayat tersebut hingga selesai. Dari keseluruhan peserta tersebut, 10 siswa  dapat menghafal dengan baik, selanjutnya dinyatakan lulus.  8 siswa dalam kategory  cukup dan dinyatakan lulus bersyarat,sedangkan 8 siswa lainnya termasuk dalam kriteria kurang dan perlu dipertimbangkan kelulusannya. (mn)