• HOME
  • Berita
  • DELIA PRATIWI SITEPU : REMAJA HARUS BERENCANA

DELIA PRATIWI SITEPU : REMAJA HARUS BERENCANA

  • 16 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 6 hari 4 jam 34 menit yang lalu

  • View: 126

Anggota komisi 9 DPR-RI, Delia Pratiwi Sitepu memberikan arahan pada kegiatan sosialisasi dan pengembangan program keluarga berencana di  MAN  2 Langkat, kamis 11 April 2019.Diinformasikan bahwa kegiatan tersebut merupakan program komisi 9 DPR-RI bersama mitra kerja, yaitu BKKBN, dalam hal ini BKKBN sumatera Utara. Selanjutnya BKKBN menterjemahkan program tersebut dalam bentuk sosialisasi dan penyuluhan perencanaan masa depan kesehatan remaja. BKKBN sendiri membentuk badan- badan PIK –R di sekolah maupun madrasah untuk lebih mensosialisaikannya kepada para remaja di sekolah maupun madrasah.

Dalam sambutannya Delia Pratiwi menyampaiakn tugas nya sebagai anggota DPR-RI komisi 9. Dia mengatakan bahwa konsern dari komisi 9 adalah menangani dan mempromosikan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah kesehatan remaja. Selanjutnya beliau mengajak generasi pelajar untuk giat belajar serta melakukan kegiatan positif supaya terhindar dari perilaku negatif yang akan merugikan kesehatan dan masa depan remaja sendiri. “ Genre mengajak kaum remaja untuk melakukan perencanaan masa depan dengan menghindari perkawinan usia dini, perilaku seks pranikah serta menghindarkan diri dari nafza. Tiga hal tersebut adalah penghalang yang akan membuat remaja kehilangan masa depan yang lebih baik. “ Katanya

 Terkhusus terhadap semakin maraknya remaja yang terjerumus kepada narkoba, beliau mengingatkan agar para remaja pandai- pandai memilih sahabat untuk bergaul. Menurutnya juga bahwa penggunaan nafza , selain sebuah pelarian karena keputus asaan, bisa juga karena coba- coba serta untuk menunjukkan eksistensi diri dalam kelompok. “ Perilaku remaja yang paling rentan adalah labilnya emosi dan pikiran yang ia miliki. Remaja cenderung sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan. Banyaknya kasus remaja menggunakan rokok adalah salah satu contoh mudahnya remaja terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baik. Saya berharap agar para remaja, khususnya diusia pelajar untuk menghindarkan diri dari rokok, karena rokok bisa menjadi awal menuju narkoba bagi kaum remaja.” Katanya mengingatkan.

Pada akhir kegiatan sosialisasi tersebut , Delia Pratiwi memberikan bingkisan dari komisi 9 untuk PIK-R MAN 2 Langkat.  Beliau berharap bingkisan yang berbentuk laptop tersebut dapat dimanfaatkan oleh  penggiat PIK-R MAN 2 Langkat untuk meningkatkan potensi siswa MAN 2 serta mempromosikan program- program kesehatan dan perencanaan masa depan remaja secara lebih baik lagi. (mn)