• HOME
  • Berita
  • KA. MAN DAN MTSN SE SUMATERA UTARA BAHAS USAHA MEMAJUKAN MADRASAH SUMUT

KA. MAN DAN MTSN SE SUMATERA UTARA BAHAS USAHA MEMAJUKAN MADRASAH SUMUT

  • 15 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 1 minggu 3 jam 37 menit yang lalu

  • View: 153

Sekitar  90  kepala madrasah Negeri se Sumut melaksanakan pertemuan di aula Wing Hotel, Kawasan Bandara Kuala Namu Deli serdang, Sabtu , Minggu 30 hingga 31 Maret 2019. Pertemuan itu sendiri dimaksudkan sebagai sarana konsolidasi bagi kepala madrasah untuk menyatukan visi dalam memajukan madrasah sumatera utara untuk kedepannya. Persiapan untuk pelaksanaan KSM serta EXPO madrasah merupakan salah satu topik penting yang dibahas. Selain itu wacana pengembangan potensi madrasah sebagai bidang usaha professional juga menjadi hal yang dibahas.

Pertemuan tersebut selain dihadiri oleh para kepala madrasah, turut hadir juga Ka.kanwil Kemenag Sumut, H.Iwan Zulhami MA, kabid penmad kanwilkemenag, H.Mustapid MA, dan kasi bidang pendidikan madrasah kanwil kemenag serta kantor kementerian agama kabupaten/kota.

Dalam arahannya pada acara tersebut, Ka.Kanwil kemenag Sumut, H.Iwan Zulhami mengatakan bahwa tugas kepala madrasah adalah tugas managerial . Menurutnya kepala madrasah harus mempunyai visi jelas untuk  dan terararah untuk membawa madrasah yang dipimpinnya menjadi madrasah yang lebih baik.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Iwan Zulhami menegaskan pentingnya pembekalan ketrampilan hidup bagi siswa  madrasah. Menurutnya juga bahwa madrasah  telah memberikan pengetahuan agama dan umum kepada siswa, namun sedikit sekali dipikirkan apa yang bisa dilakukan siswa andai mereka tidak dapat melanjutkan pendidikannya. Terinspirasi dari expo madrasah yang dilaksanakan pada kegiatan gebyar Madrasah pada tanggal 26 Maret 2019, beliau berkeinginan agar potensi  dan ketrampilan yang dimiliki oleh setiap madrasah dapat dikembangkan secara lebih professional. Menurut beliau banyak potensi madrasah yang dapat dikembangkan menjadi potensi ekonomi.

Terkait dengan KSM, beliau berharap agar setiap madrasah melakukan persiapan secara dini dalam membina siswa- siswa yang punya potensi besar untuk ajang tersebut. Selain itu beliau mengharapkan adanaya sinergi antara kepala- kepala madrasah tiap kabupaten dalam mempersiapkan utusan untuk KSM Provinsi, Dan selanjutnya  sinergi seluruh kepala madrasah se Sumut untuk mempersiapkan siswa utusan untuk KSM Nasional yang akan dilaksanakan di Manado pada bulan September mendatang.

Wakamad IV MAN 2 Langkat, yang dalam pertemuan tersebut  hadir untuk mewakili Ka. MAN 2 Langkat, Edi Syahputra MM  menyampaikan bahwa  beberapa madrasah ada berprestasi yang ada di Sumut berkesempatan mempresentasikan   inovasi  kreatif yang telah dihasilkan oleh madrasahnya. “ Presentasi inovasi tersebut dimaksudkan  sebagai bahan kajian bagi  seluruh kepala madrasah terkait dengan  kemungkinan untuk pengembangan hasil inovasi tersebut sebagai  sebuah karya kreatif maupun produktif yang dapat dikembangkan di semua madrasah. Kakanwil berharap agar setiap madrasah mempunyai income mandiri yang mampu menyokong kegiatan madrasah tanpa harus terus tergantung dari anggaran ataupun komite.” Katanya menyampaikan hasil pertemuan kepada inhum. {mn)