• HOME
  • Berita
  • SISWA MAN 2 LANGKAT TEMBUS PTN MELALUI SNMPTN

SISWA MAN 2 LANGKAT TEMBUS PTN MELALUI SNMPTN

  • 15 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 1 minggu 2 jam 40 menit yang lalu

  • View: 152

 Sebanyak 17 siswa MAN 2 Langkat dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal ini berdasarkan  pengumuman Panitia Pusat SNMPTN yang disampaikan melalui Website Resmi SNMPTN, Jum.at 22 Maret 2019. Demikian pernyataan yang disampaikan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum sekaligus operator PDSS MAN 2 Langkat, As’ad Husein,S.Ag, MA kepada inhum, Sabtu 23 Maret 2019

As’ad Husein,  dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa jumlah tersebut sangat jauh berkurang dibanding dengan tingkat kelulusan serupa pada tahun sebelumnya. Menurutnya  berkurangnya jumlah siswa yang lulus di SNMPTN ini disebabkan beberapa faktor, antara lain berkurangnya persentase penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN yang telah ditetapkan oleh Panitia Pusat serta faktor pilihan perguruan tinggi yang dipilih oleh siswa.

"Pihak madrasah sempat memberikan peringatan dan ancaman sanksi kepada siswa untuk tidak asal memilih perguruan tinggi tujuan jika memang tidak pernah berniat untuk masuk perguruan tinggi tersebut, terutama perguruan tinggi yang secara geografis letaknya jauh dari domisili siswa. Hal ini mungkin menjadi penyebab menumpuknya pilihan pada perguruan tinggi negeri tertentu sehingga memperkecil peluang mereka untuk lulus," katanya memberi penjelasan.

Disampaikan juga MAN 2 Langkat telah mendaftarkan sekitar 75 siswa untuk mengikuti jalur SNMPTN. Namun hanya sekitar 23% dari jumlah tersebut yang lulus diperguruan tinggi, dengan rincian 16 orang lulus di perguruan Tinggi yang ada di Sumatera dan seorang siswa lulus di Perguruan Tinggi Negeri di pulau Jawa.

"Secara persentase mungkin jumlah siswa yang berhasil kita luluskan lewat jalur SNMPTN jauh berkurang dari tahun lalu. Banyak hal yang harus kita cermati dan perbaiki. Kita yakin bahwa panitia melakukan seleksi berdasarkan nilai yang ada di PDSS. Namun kita juga yakin bahwa standar penilaian yang diberikan oleh masing-masing sekolah atau madrasah sangat tidak baku. Bisa saja sekolah memberikan penilaian yang berbeda untuk dua orang siswa yang mempunyai kemampuan yang sama. Hal ini juga akan menjadi kajian kita untuk pemberian nilai kepada siswa kita untuk selanjutnya," tambahnya.

”Walaupun ada kekecewaan yang dirasakan oleh para guru madrasah atas berkurangnya persentasi siswa yang lulus melalui jalur SNMPTN, namun kami masih punya harapan bahwa siswa kita akan berhasil masuk perguruan tinggi pilihan mereka melalui jalur SBMPTN maupun jalur Mandiri," demikian disampaikan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 2 Langkat, Zulfariuddin Mtd,S.Pd. (mn)