• HOME
  • Berita
  • SISWA MAN 2 LANGKAT IKUTI ACARA TABUR BUNGA UNTUK KENANG AMIR HAMZAH

SISWA MAN 2 LANGKAT IKUTI ACARA TABUR BUNGA UNTUK KENANG AMIR HAMZAH

  • 15 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 2 minggu 1 hari 3 jam 7 menit yang lalu

  • View: 99

Dalam rangka memperingati 73 tahun wafatnya pahlawan nasional T. Amir Hamzah, MAN 2 Langkat mengikut sertakan sekitar 40 siswa sebagai perwakilan untuk melaksanakan ziarah kubur dan tabur bunga di pusara T.Amir Hamzah di kawasan  perkuburan Mesjid Azizi Tanjung Pura, Rabu 20 Maret 2019.

Mewakili Kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra, S.PdI, MM, Wakamad Kesiswaaan , Zulfariuddin Mtd, S.Pd berpesan kepada para siswa yang diutus tersebut untuk menjaga tata karma dan nama baik MAN 2 Langkat ketika berada dalam acara ziarah tersebut. Dalam kesempatan tersebut, para siswa juga didampingi oleh 2 orang guru pembimbing.

Turut hadir dalam acara ziarah tersebut pemangku adat kesultanan Langkat , Tuanku Tengku Azwar Abdul Jalil Rahmatsyah Alhaj serta keluarga kesultanan Langkat lainnya, tokoh mayarakat Langkat, perwakilan Pemda Langkat, Muspika Kecamatan Tanjung Pura, serta sejumlah siswa dan guru perwakilan dari sekolah  maupun madrasah yang ada di Tanjung Pura.

Dalam kata sambutannya, T. Azwar Abdul Jalil mengapresiasi dan menyampaikan rasa terimakasih atas peran serta yang diberikan oleh masyarakat, terkhusus kalangan siswa  yang telah ikut ambil bagian dalam acara mengenang 73 tahun wafatnya T.  Amir Hamzah.  Menurut beliau ziarah merupakan agenda rutin keluarga kesultanan Langkat untuk mengenang dan mendoakan   almarhum. Selain itu beliau juga mengajak para peserta ziarah untuk tidak hanya mengenang T. Amir Hamzah sebagai seorang keluarga  sultan dan seorang penyair. "Jauh dari itu semua , T.Amir Hamzah adalah salah seorang  founding father  bagi kemerdekaan Indonesia. Selain sebagai seorang pujangga kawakan yang karyanya dikenal luas di dunia, beliau juga adalah pahlawan untuk kemerdekaan RI," ungkapnya.

Selain itu dia juga berharap agar dengan mengenang wafatnya T. Amir Hamzah ini, masyarakat dapat mengenang apa yang sebenarnya telah terjadi 73 tahun yang lalu dibumi Langkat, terkhusus terhadap keluarga kesultanan Langkat. Menurut beliau keluarga kesultanan menjadi korban fitnah yang dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak senang melihat  kekayaan dan kemakmuran masyarakat langkat yang diperintah oleh sultan. Beliau juga berharap agar kelak suatu saat, kemakmuran masyarakat langkat bisa kembali seperti masa jayanya dahulu, dimana masyarakat dapat merasakan manfaat pajak yang mereka bayarkan kepada  sultan secara merata. Demikian beliau sampaikan dengan mengenang masa lalu.

Dalam kesempatan tersebut, salah seorang cucu almarhum juga membacakan salah satu puisi T. Amir Hamzah dengan penuh penghayatan sehingga membawa semua penziarah dalam suasana haru.(mn)