• HOME
  • Berita
  • MAN 2 LANGKAT MEWARISI KEBESARAN MASA LALU

MAN 2 LANGKAT MEWARISI KEBESARAN MASA LALU

  • 15 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 2 minggu 1 hari 4 jam 58 menit yang lalu

  • View: 109

Kepala MAN 2 Langkat Edi Sahputra, S.PdI, MM berkesempatan membawa para pimpinan madrasah se-Sumatera Utara untuk berkeliling meninjau lokasi MAN 2 Langkat, Jum’at 8 Maret 2019. Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan dijadikannya MAN 2 Langkat sebagai tuan rumah untuk pertemuan Panitia Gebyar Madrasah 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Edi juga memberi keterangan kepada para kepala Madrasah yang ikut meninjau lokasi tersebut tentang sejarah MAN 2 Langkat.

"MAN 2 Langkat mendapatkan nama besar sebagai sebuah warisan masa lalu. Sebelum bertansformasi menjadi MAN 2,  lembaga ini pernah menjadi lembaga pencetak para guru agama, yaitu PGAN. Dikenal tidak hanya di Sumatera Utara, namun sampai Aceh dan Riau. Sejak lembaga ini berdiri, hingga sekarang telah terlahir ribuan alumni yang telah bersumbangsih untuk bangsa dan Negara. Suatu hal yang membanggakan, walaupun kita sekarang telah berubah menjadi MAN 2 Langkat, mereka yang telah lulus pada PGAN dan MAN 2 Tanjung Pura tetap menganggap bahwa MAN 2 Langkat adalah almamaternya," ungkapnya.

Selain itu Edi Juga membawa para tamu untuk meninjau situs sejarah yang ada di MAN 2 Langkat. "MAN 2 Langkat berdiri tepat di atas reruntuhan Istana Sultan Langkat. Salah satu hal yang bisa kami lakukan adalah dengan mempertahankan bekas reruntuhan istana yang masih ada, selain itu penggunaan busana melayu yang kami lazimkan setiap hari Jum’at merupakan wujud penghormatan, penghargaan  sekaligus kebanggaan  kami atas kebesaran masa lalu tersebut," katanya menambah keterangan.

Melihat kondisi dimana MAN 2 Langkat berada dalam lokasi yang menyimpan situs sejarah, kepala MAN 2 Deli Serdang, Dr. Burhanuddin P. memberi masukan agar MAN 2 Langkat bisa mengelola situs tersebut dengan baik dan dapat menjadikannya sebagai nilai lebih dan nilai jual bagi MAN 2 Langkat. "Jika situs ini dikelola dengan baik, ia akan menjadi nilai jual bagi MAN 2 Langkat dan bisa menjadi sumber pemasukan bagi MAN 2," sarannya. (mn)