• HOME
  • Berita
  • SISWA MAN 2 LANGKAT IKUTI EXSCO USU 2019

SISWA MAN 2 LANGKAT IKUTI EXSCO USU 2019

  • 13 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 2 minggu 3 hari 4 jam 56 menit yang lalu

  • View: 96

Sejumlah 47 siswa MAN 2 Langkat mengikuti kompetisi olimpiade mata pelajaran yang dilaksanakan dalam kegiatan Education Expo Science Olimpiad bertempat di auditorium USU, Minggu 27 Januari 2019.

Kepala MAN 2 Langkat, Edi sahputra, S.PdI, MM mengatakan bahwa pihak MAN 2 Langkat memang selalu memotivasi para siswa untuk terus aktif mengembangkan diri dalam bidang keilmuan ataupun ketrampilan. Menurutnya aktifitas dan keterlibatan siswa dalam berbagai kegiatan positif merupakan salah satu parameter berjalannya proses pendidikan di suatu lembaga pendidikan.

"Keikutsertaan para siswa MAN 2 Langkat dalam kegiatan olimpiade mata pelajaran di USU menunjukkan telah timbulnya semangat mereka untuk membanding dan mengukur kemampuan mereka. Pengalaman adalah sebuah pembelajaran. Mereka akan belajar dari pengalaman yang mereka peroleh ketika mengikuti olimpiade tersebut. Dari pengalaman tersebut mereka tahu permasalahan mereka dan menemukan cara sendiri untuk menyelesaikannya. Kecerdasan membuat orang menjadi pintar, tapi pengalamanlah yang membuat orang menjadi cerdas. Kita ingin memotivasi selruh siswa MAN 2 Langkat menjadi bukan hanya siswa yang pintar, tapi juga siswa yang cerdas," ungkapnya.

Secara terpisah, Pembina Olimpiade Mata Pelajaran MAN 2 Langkat, Asmil Khair Lubis, S.Si mengatakan bahwa MAN 2 Langkat rutin mengirim siswanya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan olimpiade mata pelajaran yang dilaksanakan oleh PTN yang ada di Sumatera Utara. "Namun sejauh ini kegiatan olimpiade lebih sering dilaksanakan oleh civitas akademis USU. Jadi kami lebih sering mengirim peserta untuk mengikuti kegiatan di USU. Informasi tentang olimpiade biasanya kami peroleh melalui undangan yang disampaikan secara langsung oleh panitia," demikian katanya.

Disampaikan juga bahwa olimpiade EXSCO yang dilaksanakan tersebut diikuti oleh para siswa sesumatera utara, bahkan ada yang datang dariprovinsi lain. "Olimpiade merupakan sebuah sarana test kemampuan bagi siswa yang mempunya target untuk masuk PTN. Dalam olimpiade ini pihak panitia tidak memberikan peringkat terbaik, namun pihak panitia akan memberikan sertifikat prestasi dengan mencantumkan score perolehan pada ujian dimaksud. Sertifikat ini akan menjadi sebuah pertimbangan bagi Perguruan Tinggi untuk menjaring calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN," katanya memberikan penjelasan.(mn)