SANKSI DAN DISIPLIN

  • 12 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 1 minggu 3 hari 18 jam 2 menit yang lalu

  • View: 151

Dalam upaya menerapkan disiplin waktu kehadiran siswa, Kepala MAN 2 Langkat ,Edi Sahputra,MM beserta petugas piket dan guru Bimbingan Konseling  melakukan tindakan tegas dengan memberikan sanksi pemulangan terhadap siswa yang datang terlambat, Kamis 10 Januari 2019. Tindakan tersebut menurut Edi perlu dilakukan karena beliau melihat mulai naiknya presentasi keterlambatan siswa paska libur semester ganjil 2018-2019. "Disiplin dalam arti sederhana adalah taat aturan. Dalam suatu lembaga penerapan disiplin hanya akan berjalan jika ada tindakan tegas terhadap pelaku pelanggar aturan tersebut. Tindakan tegas ini selalu kita istilahkan sebagai sanksi atau hukuman." Demikian beliau memberi keterangan kepada inhum.

“Sanksi  merupakan terapi yang terbaik agar siswa taat aturan” katanya. Beliau juga menambahkan bahwa bagus tidaknya suatu lembaga akan terlihat dari penerapan disiplin yang diterapkan dilembaga tersebut.  “ Sebagai lembaga pendidikan, kita ingin siswa kita taat  dan disiplin terhadap aturan yang kita terapkan di madrasah ini, baik aturan tentang pakaian maupun aturan tentang waktu masuk dan waktu keluar.  Sebelum penerapan sanksi, kita lebih dahulu melakukan himbauan dan sosialisasi. Sanksi adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mendisiplinkan mereka yang tidak mengidahkan  himbauaan dan peringatan yang kita berikan” Demikian katanya menambahkan.

Kepada siswa yang dipulangkan  tersebut, Edi sahputra  mengingatkan agar itu menjadi sanksi yang pertama dan terakhir. “ Jadikan ini sebagai hukuman atas keterlambatan yang pertama dan terakhir bagi kalian. Saya tidak ingin ada catatan keterlambatan atas nama kalian lagi.karena jika kalian tetap melakukan kesalahan yang sama, maka saya pastikan aka nada sanksi yang lebih keras untuk kalian” Demikian katanya tegas

Petugas piket mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan kasus keterlambatan  untuk 30 siswa serta telah memulangkan sekitar 15 siswa .” Batas waktu memasuki gerbang madrasah adalah 7.30 WIb. Untuk siswa yang terlambat satu kali kita hanya beri teguran, untuk siswa yang terlambat 2 kali kita akan beri peringatan, sedangkan siswa yang terlambat untuk kali ketiga akan kita beri sanksi pemulangan . Kita juga mempertimbangkan alasan keterlambatan siswa serta jarak domisili siswa dari madrasah.Kepada siswa yang dipulangkan, kita juga menyampaikan surat keterangan pemulangan kepada orang tua siswa dengan tujuan agar orang tua juga bisa berkontribusi dalam membentuk disiplin tepat waktu kepada anaknya”  Demikian Siti Nurlaili, S.Pd. guru petugas  piket memberi keterangan

Sementara itu diinformasikan bahwa selama kepempinannya di MAN 2 selama lebih kurang  3 bulan, Edi Sahputra berkomitmen untuk menjadikan MAN 2 menjadi madrasah yang mempunyai kwalitas akademis maupun non akademis.” Itulah sebabnya beliau sangat konsern dengan disiplin . baik disiplin waktu, disiplin kebersihan  maupun disiplin dalam berpakaian.  Disiplin adalah kunci kesuksesan” Demikian wakahumas MAN 2, Maddian  menambahkan keterangan. (mn)