• HOME
  • Berita
  • PENGURUS MANDALA ARCHERY DAMPINGI PERPANI LANGKAT SOSIALISASIKAN OLAHRAGA PANAHAN

PENGURUS MANDALA ARCHERY DAMPINGI PERPANI LANGKAT SOSIALISASIKAN OLAHRAGA PANAHAN

  • 12 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 2 minggu 3 hari 19 jam 32 menit yang lalu

  • View: 152

Setelah dikukuhkan kepengurusannya oleh pengurus Perpani Langkat pada 10 November yang lalu, Pengurus Mandala Archery Club periode 2018-2019  mulai melaksanakan program latihan dan dan mensosialisasikan olah raga panahan kepada siswa MAN 2 Langkat (Mandala). Demikian dikatakan oleh Ketua Mandala Archery Club, Rahmad Refdi  kepada inhum disela-sela kegiatan mendampingi pengurus Perpani Langkat untuk mensosialisasikan olahraga panahan ke SMAKN Tanjung Pura,  Senin 11 November 2018

Refdi mengatakan ketertarikannya pada olahraga panahan bermula dari asumsi bahwa olah raga panahan sebenarnya adalah permainan ketangkasan. “ Menurut saya olahraga memanah bukanlah olahraga sesungguhnya. Olahraga ini cenderung sebagai sarana rekreasi dan unjuk ketangkasan. Namun belakangan saya tahu bahwa banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan memanah. Melatih konsentrasi , melatih kesabaran, juga melatih fisik. Lagipula memanah adalah salah satu ketrampilan yang dianjurkan dalam ajaran islam, selain berenang dan berkuda," ungkapnya.

"Ketika bergabung dengan Club Panahan MAN 2 dan aktif mengikuti kegiatan pengurus baik di madrasah maupun mengikuti kegiatan latihan bersama di kabupaten, saya akhirnya tahu bahwa olahraga panahan ini ternyata bisa menjadi olah raga prestasi. Sejak itu saya merasa tertarik dan bertekad untuk memajukan kegiatan panahan di MAN 2 Langkat," ungkapnya.

Sementara itu Pembina Mandala Archery Club, Ahmad Azhari mengatakan bahwa kepengurusan yang baru dikukuhkan oleh Perpani ini merupakan kepengurusan untuk tahun kedua sejak dibentuknya extra kurikuler panahan di MAN yang 2 .

“ MAN 2 Langkat termasuk salah satu klub panahan yang menjadi cikal bakal terbentuknya Perpani Langkat. Saat ini Mandala archery club telah memiliki 104 anggota. Kita rutin melakukan latihan panahan di madrasah. Namun kendala yang kita hadapi adalah peralatan panah. Sementara ini kita hanya memiliki hanya sedikit busur dan anak panah sehingga setiap anggota tidak bisa berlatih secara optimal. Sementara untuk lapangan,  Lapangan MAN 2 Langkat memadai untuk latihan dengan jarak tembak 15 meter. Namun karena lapangan tersebut selalu diisi banyak kegiatan oleh siswa dengan maka kita harus memperhatikan faktor keamanan," demikian dia memberi penjelasan.

Dia menyampaikan bahwa Mandala Archery Club akan melakukan penertiban dan perlindungan  kepada setiap anggota dengan mengeluarkann kartu anggota yang kita usulkan kepada Perpani Langkat. “Kartu ini akan menjadi lisensi atau izin bagi siswa dalam membawa atau melakukan kegiatan panahan.Sama halnya dengan izin menggunakan senjata api untuk olahraga yang dikeluarkan oleh perbakin, maka izin menggunakan senjata panahan untuk olahraga dikeluarkan oleh Perpani," jelasnya. (mn)