• HOME
  • Berita
  • SISWA MAN 2 LANGKAT LAKSANAKAN KEGIATAN EDUKASI TERINTEGRASI DI PEMATANGSIANTAR

SISWA MAN 2 LANGKAT LAKSANAKAN KEGIATAN EDUKASI TERINTEGRASI DI PEMATANGSIANTAR

  • 11 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 2 bulan 2 minggu 5 hari 16 jam 30 menit yang lalu

  • View: 110

Dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran langsung dari sumber pertama, Sejumlah 252 siswa Kelas XI MAN 2 Langkat melaksanakan kegiatan pembelajaran lapangan, yang merupakan pembelajaran terintegrasi yang dikemas dalam kegiatan Moving Class, Kamis 8 November 2018, dengan tujuan pabrik pengolahan teh Bah Butong Pematang Siantar dan Taman Hewan Pematang Siantar. Dalam kegiatan tersebut, para siswa didampingi oleh 14 guru pembimbing.

Ketua Panitia kegiatan, Zulfariuddin Mtd, S.Pd  mengatakan bahwa kegiatan edukasi terintegrasi ini merupakan program pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru mata pelajaran yang mempunyai keterkaitan materi pembelajaran, terkhusus materi dari mata pelajaran Geografi, Biologi, Ekonomi, dan mata pelajaran agama.

”Persamaan dan keterkaitan pokok bahasan pada beberapa mata pelajaran menjadi dasar pemikiran untuk dilaksanakannya kegiatan pembelajaran terintegrasi ini. Kegiatan ini juga akan memberikan nuansa dan suasana baru serta penyegaran kepada siswa.Siswa akan belajar untuk mengobservasi secara langsung, mencoba untuk menyatakan keingin tahuannya dengan bertanya, mencoba untuk mencari tahu tentang informasi yang belum ia ketahui, mencoba untuk mengaitkan informasi yang telah mereka ketahui denga fakta yang ada maupun dengan informasi dan pengalaman baru yang bereka dapatkan serta akan belajar untuk mengkomunikasikan pengetahuan maupun pengalaman baru mereka denga rekas sesama siswa  maupun kepada guru terkait sebagai laporan kegiatan pembelajaran," ungkapnya.

Sementara itu guru geografi MAN 2 Langkat, Rabiatun Adawiyah membenarkan pernyataan yang disampaikan oleh Zulfariuddin Mtd.

“ Terkhusus untuk mata pelajaran geografi ada materi tentang polapenyebaran fauna sedangkan dalam mata pelajaran biologi ada pembahasan tentang keanekaragaman hayati. Sementara mata pelajaran ekonomi membahas tentang produksi dan distribusi. Atas dasar ini maka para guru bersepakat untuk mengintegrasikan kegiatan pembelajarannya.Demikian juga dengan guru mata pelajaran lainnya," katanya.

Dalam  arahannya pada pemberangkatan peserta ke lokasi kegiatan, Kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra mengingatkan para siswa peserta kegiatan untuk menggunakan kesempatan edukasi terintegrasi tersebut  denga sebaik-baiknya.

”Ambil manfaat yang sebanyak-banyaknya dari kegiatan edukasi terintegrasi yang kalian laksanakan ini.Walaupun sebagian masyarakat menganggap kegiatan yang dilakukan ini adalah kegiatan jalan-jalan semata, namun kita para guru dan siswa sekalian punya agenda khusus, yaitu untuk pembelajaran.Dengarkana arahan dari guru pembimbing. Serap informasi yang disampaikan oleh narasumber di lapangan nantinya. Semoga kegiatan yang kalian akan member manfaat bagi kalian berupa pembelajaran, pengalama dan pengetahuan yang akan berguna bagi kalian," ungkapnya. (mn)