TANGGUNG JAWAB TERHADAP PILIHAN

  • 11 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 1 minggu 4 hari 3 jam 14 menit yang lalu

  • View: 104

“Tanggungjawab adalah karakter yang harus dimiliki oleh setiap manusia dewasa. Tanggung jawab kita menunjukkan kesadaran kita bahwa perbuatan kita akan memberi pengaruh kepada orang lain. Adalah tanggungjawab kita untuk memberi manfaat kepada sesama, bukan untuk memberi mudharat. Untuk itu saya minta kepada siswa kelas  XII untuk bertanggung jawab terhadap pilihan yang telah diambil pada SNAMPTN atau SPANPTKIN jalur undangan. Jangan kamu jadikan juniormu menjadi korban karena sikap tidak bertanggung jawabmu”. Demikian disampaikan oleh kepala MAN 2 Langkat Edi Sahputra, S.PdI, MM dihadapan peserta apel pagi, Rabu, 31 Oktober 2018 di halaman MAN 2 Langkat.

Hal tersebut disampaikan kepala madrasah, terutama untuk kelas XII yang segera akan menentukan pilihan perguruan tinggi melalui jalur undangan. Menurut beliau berkurangnya jumlah siswa MAN 2 Langkat yang diterima melalui jalur undangan merupakan efek dari tidak bertanggung jawabnya sebagian siswa yang dinyatakan lulus, namun tidak mendaftarkan diri diperguruan tinggi negeri yang dimaksud. “Perguruan tinggi yang telah menerima siswa MAN 2 Langkat melalui jalur undangan namun kita abaikan, tidak akan memberikan undangan kepada MAN 2 Langkat untuk kali yang kedua karena kita dianggap berkhianat dan tidak bertanggung jawab. Jadi tentukan pilihan kalian sejak sekarang. Pertimbangkan tempat perguruan tinggi yang kamu pilih. Diskusikan pilihanmu dengan orangtuamu. Fikirkan secara matang dan rasional” Demikian dia menambahkan.

Sementara itu ketika dikonfirmasi kepada wakamad kurikulum, As’ad Husein membenarkan apa yang disampaikan oleh kepala madrasah. “Ada beberapa fakultas di perguruan tinggi negeri yang tidak lagi mengirimkan undangan peserta kepada MAN 2  Langkat. Ketika ditelusuri, hal ini merupakan sangsi yang diberikan oleh fakultas diperguruan tinggi tesebut terhadap sekolah atau madrasah yang tidak merespon undangan yang mereka sampaikan. Namun kita pihak madrasah akan melakukan komunikasi dan pendekatan kepihak fakultas tersebut agar sanksi yang dijatuhkan bisa ditinjau ulang, jika mungkin dicabut. Dan untuk selanjutnya kita akan meminta setiap siswa pendaftar untuk membuat perjanjian tertulis bahwa dia akan bertanggung jawab atas pilihannya apabila dinyatakan lulus. (mn)