• HOME
  • Berita
  • SISWA MAN 2 LANGKAT KUNJUNGI OBSERVATORIUM ILMU FALAQ UMSU

SISWA MAN 2 LANGKAT KUNJUNGI OBSERVATORIUM ILMU FALAQ UMSU

  • 10 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 2 minggu 3 hari 21 jam 36 menit yang lalu

  • View: 104

Siswa MAN 2 yang terdiri dari 326 siswa kelas X dari Jurusan MIPA, IIS dan IIK berkesempatan melakukan kunjunga pembelajaran ke lembaga Observatorium Ilmu Falaq di gedung Paska sarjana UMSU jalan Denai Medan pada Kamis, 18 Oktober 2018.

Dalam kunjunga tersebut siswa diberi arahan oleh petugas Observatorium Ilmu Falaq tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan peralatan untuk memantau jagad raya.

Menurut ketua OIF,DR.A.J Rakhmadi Butar-Butar M.A bahwa OIF ini berdiri pada tahun 2015. Beliau menyampaikan bahwa selain untuk tujuan penelitian OIF juga di peruntukkan sebagai sarana wisata pengetahuan terutama tentang peralatan dan ilmu benda-benda langit atau ilmu falaq. Beliau menyampaikan apresiasi dan rasa senang atasan kehormatan dan kunjungan yang dilakukan oleh siswa MAN 2 Langkat. Karena dengan kunjungan ini, menurut beliau, OIF dapat perperkenalkan visi dan misi serta tujuan  didirikannya lembaga OIF ini.

Menurut pantauan inhum, Lembaga OIF memadukan peralatan pemantau benda langit dari yang klasik hingga yang modern. Dalam kunjungan ini para siswa diajak berkeliling lokasi dan berinteraksi langsung dengan peralatan pemantau benda langit yang sengaja dipajang OIF untuk digunakan secara langsung oleh pengunjung. Selain itu para siswa juga diajak untuk menyaksikan pemutaran film dokumenter tentang perjalanan ruang angkasa untuk menjelajah planet yang ada di jagad raya.

Ketika ditanyakan kepada siswa tentang kesan yang mereka dapatkan pada kunjungan mereka ke OIF, mereka menyampaikan rasa senagg dan puas serta menyampaikan banyak pengetahuan baru yang mereka dapatkan, khususnya proses bagaimana penentuan hilal dalam penentuan awal Ramadhan dan Idul Fitri.” Walaupun kita hanya punya waktu kunjungan sekitar satu jam, namun banyak pengetahuan yang kami dapatkan," demikian dikatakan.(mn)