• HOME
  • Berita
  • KPU LANGKAT TINJAU PELAKSANAAN PEMILU OSIM MAN 2 LANGKAT

KPU LANGKAT TINJAU PELAKSANAAN PEMILU OSIM MAN 2 LANGKAT

  • 09 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 2 minggu 4 hari 7 jam 32 menit yang lalu

  • View: 97

Organisasi Siswa Intra Madrasah atau OSIM, merupakan sebuah organisasi yang tidak asing bagi madrasah  manapun. OSIM merupakan organisasi siswa yang memiliki tanggung jawab besar bagi masyarakat madrasah khususnya sebagai wadah kegiatan siswa dalam mengembangkan diri, secara akademis maupun ketrampilan lainnya. Oleh karena itu, seorang ketua OSIM haruslah benar-benar kompeten untuk mengatur organisasi ini untuk dapat mewujudkan visi-misi madrasah.

Lajimnya pemilihan ketua OSIM yang menjadi perhelatan rutin  yang digelar  setiap tahunnya, maka  OSIM MAN 2 Langkat melaksanakan perhelatan besar tersebut pada kamis,4 Oktober 2018 bertempat di halaman Mandala., Pemilihan diadakan untuk memilih satu dari tiga calon yang ada untuk memimpin organisasi siswa tersebut pada periode 2018-2019

Pada perhelatan kali ini, KPU kabupaten Langkat berkesempatan meninjau langsung dan memberikan pengarahan kepada siswa MAN 2 Langkat perihal pelaksanaan Pemilu, yang umumnya dilaksanakan untuk penyelenggaraan pemerintahan. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa pemilu adalah sebuah cara demokrasi yang disepakati di wilayah RI untuk  menentukan wakil atau pimpinan,” Pemilu adalah sebuah sarana Demokrasi. Dalam sejarah kita mengenal ada pemilu perwakilan dan pemilu langsung. Yang dilaksanakan sekarang ini adalah pemilihan langsung yang bersifat , umum, bebas dan rahasia. Saya berharap kalian bisa belajar demokrasi Ini sekaligus pendidikan dini dalam sistem pemilihan umum, yang biasa di selenggarakan di suatu daerah dalam memilih pemimpin. Kami dari KPU Langkat  berharap, agar pelajar nanti siap dan tahu hak dan kewajibannya yang berkaitan dengan pelaksanaan demokrasi ketika terjun ke masyarakat nantinya "

Dalam kesempatan itu beliau juga menyampaikan apresiasi dan  ucapan terima kasih kepada pihak madrasah yang telah menggagas kegiatan ini. Menurut beliau kegiatan ini telah membantu KPU maupun Kesbang dalam memberikan pendidikan politik dan kesadaran politik secara dini kepada para siswa..Dikatakan juga bahwa pendidikan kesadaran berpolitik secara bertanggung  dan praktik demokrasi yang telah diberikan kepada pelajar tersebut sangat penting sebagai bekal mereka. Sehingga mereka bisa berpartisipasi aktif dan tidak golput ketika mengikuti pemilu di lingkungan masyarakat. Karena partisipasi mereka nanti, akan sangat penting sekali. Terutama untuk menentukan hak suara mereka, sebagai bentuk partisipasi dalam menentukan wakil rakyat ataupun pemimpin daerah yang mampu melakukan  pengembangan potensi daerah,(mn)