• HOME
  • Berita
  • GURU MAN 2 IKUTI SENAM MASAL KERUKUNAN KANWIL KEMENAG SUMUT.

GURU MAN 2 IKUTI SENAM MASAL KERUKUNAN KANWIL KEMENAG SUMUT.

  • 09 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 1 minggu 6 hari 16 jam 12 menit yang lalu

  • View: 105

Sejumlah 70 guru Man 2 langkat ikut memeriahkan serta ambil bagian dalam kegiatan senam massal bersama yang dilaksanakan oleh kantor kementerian agama provinsi sumatera utara di Lapangan Asrama Haji Medan, Sabtu (04/01/2020). Diinformasikan juga bahwa kegiatan senam massal “ senam kerukunan “ tersebut masih dalam rangkaian kegiatan meyemarakkan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 Kementerian Agama Republik Indonesia. Kegiatan senam kerukunan turut juga dihadiri oleh menteri agama RI, Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi ,Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Iwan Zulhami, SH, M.AP , para pejabat di lingkungan Kanwil kemenag sumut, serta seluruh ASN Kemenag se-Sumut, baik dari kantor kementerian kabupaten kota, para kepala madrasah, guru serta perwakilan siswa madrasah. Selain pelaksanaan senam kerukunan, kegiatan yang diikuti oleh hampir 7000  peserta tersebut juga diisi dengan pembacaan Deklarasi Anti Radikalisme.

Dalam kata sambutannya, Fachrul Razi menyampaikan rasa senangnya karena bisa datang ke kota medan serta berkumpul bersama para ASN dan warga Kankemenag se sumatera Utara. Beliau juga menyampaikan apresiasi atas capaian serta prestasi yang telah ditunjukkan oleh kanwil kemenag sumut serta seluruh jajaran dan instansi dibawahnya.

Terkait dengan tema HAB kemenag, “ Ummat Rukun, Indonesia Maju” , Fachrul razi mengatakan dan menegaskan bahwa  kerukunan umat beragama itu sudah menjadi ukuran dunia. “Kalau di sebuah negara kerukunan umat beragamanya rendah, pasti orang luar  tidak mau datang. Tapi saya puji bahwa di Sumatera Utara ini kerukunan umat beragamanya diatas rata-rata nasional, tolong ini dijaga betul-betul, karena dengan itu kita bisa hidup rukun dan damai.” Kata beliau

Terkhusus pada para siswa, Fachrul Razi juga berpesan agar menjadi insan yang amanah.“Orangtua mengamanahkan anaknya untuk pendidikan agama yang baik, pendidikan umum yang baik sehingga dia menjadi cerdas karena menguasai ilmu-ilmu agama dan juga ilmu umum lainnya.Siswa madrasah dan pesantren yang mempunyai ilmu agama yang tinggi jangan sampai tidak mempunyai pekerjaan. Oleh sebab itu, kedepannya akan ditambahkan ilmu-ilmu pengetahuan yang membuat mereka bisa bersaing merebut lapangan kerja. Kita ingin mereka ilmu agamanya tinggi, iman dan taqwanya tinggi, punya pekerjaan untuk menjadi manusia yang berguna bagi umat dan bangsa,” ujar  Fachrul Razi.

Pada akhir kegiatan senam bersama tersebut, dibacakan juga deklarasi anti Radikalisme yang dibawakan oleh perwakilan tokoh agama  dari  agama yang ada di sumatera Utara. Deklarasi dibacakan langsung oleh Kanwil kemenag sumut serta diikuti oleh seluruh pembaca deklarasi. Selesai deklarasi,  masing – masing tokoh agama melakukan penandatangan ikrar deklarasi anti radikalisme tersebut bersama menteri agama dan kakanwil kemenag sumatera utara. Selanjutnya menteri agama, didampingi oleh kakanwil kemenag provinsi sumatera utara dan rombongan melakukan pemotongan pita sebagai tanda peresmian  kegiatan bazaar dan expo madrasah se sumatera utara 2020.