• HOME
  • Berita
  • PENERIMA BEASISWA PMDSU MOTIVASI SEMANGAT BELAJAR SISWA MAN 2 LANGKAT

PENERIMA BEASISWA PMDSU MOTIVASI SEMANGAT BELAJAR SISWA MAN 2 LANGKAT

  • 21 Januari 2020

  • Posted by: Admin

  • Kategori: Berita

  • Upload: 4 tahun 3 bulan 6 hari 9 jam 50 menit yang lalu

  • View: 105

Alumni MAN 2 Langkat penerima beasiswa PMDSU tahun 2017, Nisfa Hanim memberikan motivasi belajar kepada siswa MAN 2 Langkat dalam kegiatan apel pagi, Sabtu (27/07).

Dalam arahannnya kepada siswa beliau berbagi cerita tentang pengalamannya semasa bersekolah. Menurutnya bahwa kesulitan hidup bukanlah sebuah alasan atau halangan bagi para siswa untuk maju, apalagi dewasa ini pemerintah membuka peluang dan kesempatan bagi setiap mahasiswa yang punya prestasi serta kemauan keras dalam belajar. "Banyak beasiswa yang dipersiapkan pemerintah bagi para siswa dan mahasiswa yang punya pencapaian sangat bagus dalam belajar. Intinya adalah kita harus mempunyai semangat untuk maju. Kita harus bisa jadikan setiap celaan atau cibiran menjadi sebuah kekuatan positif agar kita bisa maju. Selanjutnya pasang cita-cita dan keinginan setinggi langit, karena jika kita jatuhpun maka kita masih tetap berada di awan", katanya berbagi kisah dan memberikan motivasi kepada para siswa.

Ketika diterima di ruang kepala madrasah, Nisfa mengatakan bahwa dia merupakan salah satu mahasiswa Jurusan Biologi Unimed yang mendapat kesempatan untuk mendapatkan Beasiswa Program Menuju Doktor Sarjana Unggulan. Dia mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan program magister dan doctoralnya di IPB Bogor. Menurutnya beasiswa itu diberikan khusus bagi mereka yang memiliki prestasi akademik yang sangat memuaskan. “Beasiswa PMDSU  ditujukan bagi lulusan sarjana (S1) fresh graduate dan terbaik . Khususnya bagi sarjana yang bertekad menjadi dosen yang akan menempuh pendidikan hingga jenjang doktor (S3) dalam jangka waktu empat tahun.. Beasiswa ini sangat berbeda dengan beasiswa Dikti lainnya yakni BPP-LN atau BPP-DN yang hanya ditujukan untuk dosen dan calon dosen. Beasiswa PMDSU membuka peluang bagi para fresh graduate yang berkeinginan menjadi dosen. Program ini seperti akselerasi ke jenjang pendidikan S3, tanpa melalui pendidikan S2 terlebih dahulu. Tentu saja selain berprestasi secara akademik, untuk mendapatkan beasiswa pmdsu ini para kandidat harus menyusun proposal beasiswa yang cukup berkualitas agar para mahasiswa tersebut dapat memberikan kontribusi yang cukup baik untuk kualitas dunia pendidikan di Indonesia. Tentunya dengan mengajukan proposal, para calon mahasiswa ini, akan dituntut untuk memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dunia keilmuan", katanya.

Dengan rendah hati Nisfa hanim juga mengatakan bahwa keberhasilan yang  telah ia capai tentu saja tidak terlepas dari peran serta dan motivasi yang telah diberikan oleh para guru-guru MAN 2 Langkat. Dia berharap kehadirannya untuk berbagi pengalaman di MAN 2 Langkat bisa menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk bisa lebih gigih dan giat dalam belajar dan dalam memperjuangkan cita.- cita. (mn)